Kiat Sukses Ala Pengusaha Jepang

Jepang terbukti sebagai salah satu negara maju, khususnya di bidang ekonomi, di kawasan Asia. Meski Jepang pernah terpuruk akibat kalah perang di Perang Dunia II, Jepang mampu bangkit dari keterpurukan dan kini berhasil menjadi negara termaju di Asia. Posisinya bahkan disejajarkan dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika Serikat. Lantas, kira-kira apa yang membuat Jepang mampu menjadi negara maju? Berikut terdapat Rahasia Bisnis Sukses yang pernah dilakukan oleh Jepang.



Kerja keras


Orang Jepang terkenal pekerja keras alias ulet. Kerja keras memang diperlukan untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Pekerja keras tidak menjadikan hambatan sebagai alasaan untuk berhenti berjuang. Sebaliknya, pekerja keras menjadikan halangan-halangan sebagai tantangan yang dapat memicu seseorang untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Apapun halangannya, jika keinginannya ingin tercapai, seseorang wajib mengusahakannya. Tidak lupa untuk bersikap disiplin serta selalu semangat dalam mengerjakan suatu hal.

Terampil, cekatan


Selain pekerja keras, orang Jepang juga identik dengan terampil dan cekatan. Tak kaget jika perekonomian Jepang berkembang pesat berkat sumber daya alamnya yang berkualitas dan cekatan. Menurut sebuah sumber, satu pekerja Jepang mampu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh 5 orang di negara lain. Tak heran jika upah seorang pekerja Jepang jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan upah pekerja negara-negara lain. Orang Jepang juga terkenal tak suka banyak bicara ketika sedang bekerja karena bagi mereka waktu sangatlah berharga. Ketika seseorang mengobrol di saat sedang bekerja, waktunya akan terbuang banyak.

Sifat organisasi bisnis yang sangat bagus


 Tahukah Anda, organisasi-organisasi bisnis di Jepang memiliki sifat dan manejemen yang sangat bagus. Jepang lebih mementingkan kelompok/ organisasi dibandingkan dengan kepentingan pribadi. Kerja sama-kerja sama dan perundingan dilakukan dengan baik demi kemajuan perusahaan/ organisasi. Tak peduli perusahaan besar atau kecil, keduanya memiliki peran dan kewajiban yang sama. Bahkan keduanya saling melengkapi. Berbeda sekali dengan jalinan kerja sama antar perusahaan di negara kita. Terlihat jelas jurang pemisah antara perusahaan besar dan perusahaan kecil dan atasan-bawahan dalam sebuah perusahaan. Tak jarang sering terjadi kesalah pahaman diantara keduanya.

Pengelolaan bisnis yang terstruktur


Pengusaha Jepang rata-rata sangat senang bila dilibatkan pada perusahaan yang  berprestasi dan perusahaan besar. Mereka tentunya akan sangat bangga bekerja di perusahaan tersebut. Mereka akan bekerja sebaik mungkin dengan keterampilan yang mereka miliki. Mereka juga akan mengerjakan tugas dengan usaha terbaiknya.

Solidaritas yang tinggi


Jepang juga terkenal dengan sifat kebersamaannya yang tinggi. segala keputusan yang telah dibuat adalah cerminan perusahaan yang didukungnya. Pengorbanannya juga sangat besar sehingga akan tercipta perusahaan yang kuat serta memiliki staff yang loyal. Pengelolaan yang diterapkan oleh perusahaan juga dititik beratkan pada kepentingan setiap anggotanya tanpa membedakan kedudukan dan status para anggotanya.

Komentar